Posted by : Fahri Tri Setio Rabu, 21 Maret 2018


Apakah kalian sudah tahu tentang HIV & AIDS? Mungkin kalian sudah sering mendengarnya baik melalui berita di TV, Koran, maupun Media Online. Namun kalian belum sempat untuk mencari informasi. Nah, di postingan ini saya akan memberikan pengetahuan tentang penyakit HIV & AIDS dengan bahasa yang mudah di pahami.


Pengertian
HIV adalah singkatan dari Human Immunodeficiency Virus, yaitu virus yang melemahkan sistem kekebalan tubuh manusia. AIDS adalah singkatan dari Acquired Immuno Deficiency Syndrome, yaitu sekumpulan gejala yang timbul akibat melemahnya sistem kekebalan tubuh, karena terinfeksi virus HIV.

Penularan HIV & AIDS
Media penularan: darah, cairan sperma, cairan vagina, dan ASI.

Cara penularan
1.    Melalui transfusi darah atau produk darah yang sudah tercemar HIV.
2.    Transplantasi organ atau jaringan tubuh misalnya transplantasi ginjal.
3.    Pemakaian jarum suntik yang sudah tercemar HIV secara bergantian, misalnya jarum suntik di antara pengguna narkotika.
4.    Pemakaian jarum suntik/alat tajam yang memungkinkan terjadinya luka, secara bergantian tanpa disterilkan, misalnya jarum tato, jarum tindik dan peralatan pencet jerawat.
5.    Hubungan seks tidak aman.
6.    Ibu hamil yang terinfeksi HIV pada bayi yang dikandungnya: a) Antenatal yaitu pada saat bayi masih berada didalam rahim, melalui plasenta. b) Intranatal yaitu saat proses persalinan, bayi terpapar darah ibu. c) Postnatal yaitu setelah proses persalinan, melalui ASI.

HIV tidak menular melalui
Berjabat tangan, pelukan, melalui makanan dan minuman, air liur, gigitan nyamuk, batuk-batuk/bersin, dan penggunaan kloset duduk.

Untuk menular virus HIV harus
Keluar dari tubuh yang positif terkena HIV, cukup jumlahnya, masuk ke tubuh yang sehat, dan hidup virusnya. Perlu diketahui virus ini cepat mati kalau berada di luar suhu tubuh. Karena itu HIV & AIDS tidak bisa menular lewat udara.
    
        “Memiliki HIV tidak membuat orang tersebut berbahaya untuk dikenal, jadi kamu dapat bersalaman dan memeluk mereka. Surga tahu jika mereka membutuhkan itu” – Princess Diana.

Perilaku yang berisiko menularkan HIV & AIDS
Menggunakan jarum dan peralatan yang sudah tercemar HIV, mempunyai salah satu penyakit/infeksi menular seksual, berhubungan seks melalui anus (anal seks), Pekerja Seks Komersial (PSK), dan hubungan seksual yang sering berganti-ganti pasangan.

Hal-hal yang perlu dilakukan agar tidak tertular HIV & AIDS
1.    Mencari informasi yang lengkap dan benar berkaitan dengan HIV/AIDS, untuk mahasiswa UIN Sunan Kalijaga dapat bertanya-tanya/berkonsultasi dengan UKM PIK-M Lingkar Seroja (instagram: pikmlingkarseroja).
2.    Tidak melakukan hubungan seks sebelum menikah.
3.    Menghindari penggunaan obat-obatan terlarang, jarum suntik tato dan tindik.
4.    Tidak melakukan kontak langsung percampuran darah dengan orang terpapar HIV.

“Jauhi Penyakitnya, Bukan Orangnya”

(Poster yang sangat desain untuk memperingati Hari AIDS Sedunia 2017 lalu.)



Sumber:
Catatan saat Peer Educator PIK-M Lingkar Seroja, materi disampaikan oleh Ayu Petra (Putri Duta Mahasiswa GenRe DIY 2016).

Fahri Tri Setio (17103080042), Departemen Media & Jaringan. PIK-M Lingkar Seroja, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Selamat membaca :) Semoga terhibur dan bermanfaat

Translate

My Linkedin

Follow My Instagram

Instagram

Popular Post

Followers

Total Pageviews

FahriTS. Diberdayakan oleh Blogger.

Daftar Isi

- Copyright © 2013 Fahri Tri Setio -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -