Posted by : Fahri Tri Setio Kamis, 23 Juli 2015


"Sebuah kemenangan bukan hanya untuk diri sendiri, tapi dari diri sendiri itulah untuk membantu kemenangan kita bersama"


Prepare

Assalamualaikum sahabat blogger, kali ini fahri mau posting cerita pengalaman tak terlupakan kemarin lho yaitu supercamp di gunung bunder. Supercampnya itu selama 3 hari tapi disini ceritanya fahri langsung jadiin satu ya mungkin agak panjang tapi harus semangat bacanya sampe bawah jangan ada yang dilompat2 ya!! Selamat membaca sobat.

Minggu ke 5 dibulan Mei ini adalah minggu2 terakhir Big Hero (nama kelompok) prakerin  di BKPP Kota Tangerang. Tepatnya tanggal 26 Mei 2015 kami berlima (saya, afifah, suci, tia, silvi) pamitan sama ibu2 dan bapak2 disana, rasanya sedih dan mau nangis kaya suci dan afifah yang bisa mengeluarkan air matanya tapi buat fahri sendiri ga bisa. Yang lebih sedihnya lagi kita pamitan gak ada pembimbing kita yaitu ka Wahyu :’(( makasih ya ka Wahyu Triatmojo atas bimbingan di kantor selama ini, maafin kami kalo ada salah2 tingkah laku atau kata-kata maklumin kami semua juga masih belajar hehe:(. Buat pak Hadi makasih banget udah jadi penanggung jawab kita, terima kasih udah beri kami tugas2 yang tidak dapat kami lakukan disekolah itu pengalaman banget. Terima kasih buat semua karyawan bkpp terutama bidang diklat (bu liha, bu lulu, bu wiwi, pak peci, pak firman, pak alam, pak cipri, pak haji, pak munsorip, pak nur,  ka sabam, ka wahyu). Udah kaya sambutan aja yaah-__-. Gak nyangka deh sekarang udah selesai 2,5 bulan prakerin di BKPP, waktu bener-bener gak bisa berbohong dalam keadaan dan suasana apapun. Sekarang fahri dan teman-teman big hero kembali lagi kesekolah untuk melanjutkan laporan prakerin dan presentasi laporan prakerin. Software yang dibuka saat disekolah cuman Microsoft word dan Flash, otak harus bekerja keras untuk mengingat rumus-rumus flash :3. Tetapi sebelum kita presentasi ada Ujian Kenaikan Kelas dari tanggal 28-30 mei 2015, tapi UKKnya bukan ulangan tulis lhoo seperti sekolah-sekolah pada umumnya di Indonesia. Sekolah SMK Prudent School tempat fahri mencari banyak ilmu selama 2 tahun ini akan melaksanakan UKK/Ujian Kenaikan Kelas 3 di Gunung Bunder :o . Tema untuk supercamp outbound simulation tahun 2015 adalah Menjelajah Mencari Pusaka!.

Pada Hari Kamis di tanggal 27 sore ini kita akan breafing untuk perlengkapan dan barang bawaan yang harus dibawa selama supercamp. Tapi sebelum waktu sore hari fahri pagi harinya udah disekolah, soalnya harus bantu temen-temen bkpp mengerjakan laporan prakerin dan tugas fahri sebagai panitia buat santunan anak yatim diacara Milad Prudent. Selama dari pagi – siang fahri seneng banget udah bisa ketemu sama keluarga XI.MIP lagi dikelas, mereka ga ada yang berubah semuanya sama aja kaya sebelumnya gesrek dan heboh. Ditingkat 2 cuman murid dari anaknya Pak Didik doang yang selalu dapet komentar2 dari guru-guru, eh tapi bukan komentar tentang yang negative doang kita juga pernah dapet komentar tentang positive lho. Sekarang waktu sudah menunjukkan sore hari saatnya breafing diaula, untuk selama 3 hari kedepan fahri dikelompok 10 bareng Ita(XI.AK), Yuli(XI.AK),  Suci(XI.AK),  Sugesti(XI.AP), Fahrul(XI.AP), Wahyu(XI.MIP), Miftah(XI.MIP). nama kelompok kami adalah Gunung Kerinci yang ada dipadang, bener gak sih ? hehehe mudah2an bener yah:D.

Nah sekarang adalah hari H buat supercamp, dimulainya sore nanti jam 18:00 WIB. Waktu pagi hari sampe sore hari dipakai untuk mempersiapkan barang bawaan individu dan kelompok. Kemarin waktu disekolah sudah didiskusiin buat kumpul lagi hari ini jam 1 siang, akhirnya kita kumpul jam 1 siang di sekolah. Kumpul kali ini tidak lama, hanya untuk keperluaan ceklist bawaan kelompok yang udah dibagiin, patungan untuk membeli bahan makanan dan sewa tenda. Untuk urusan bahan makanan biar urusan perempuan aja :D yang laki-lakinya nanti tinggal bantu nyalain api doang, hehehe.

Ternyata sekarang disekolah sudah rame sama anak prudent dengan barang bawaannya padahal masih jam 5, eh tapi fahri juga gak lupa bawa barang bawaan fahri lho. Ada Tas gede yang isinya makanan sama baju, untuk makanan ada singkong, ubi, mie instan, dan keju. Tas kecil itu isinya alat-alat tulis, al-qur’an, kompas, dan coklat. Fahri gak cuman bawa tas gede/kecil, tapi bawa kompor juga -_- rela deh rela demi kelompok mah, lagian pada gak ada yang mau bawa daripada nanti digunung gak makan akhirnya fahri yang bawa. Kumandang Adzan maghrib sudah terdengar, sholat 3 rakaat malem ini di mushola sekolah. Biasanya jamaah sama warga, tapi sekarang jamaahnya sama siswa-siswi calon penerus bangsa. Rasanya beda, biasanya dimasjid komplek bau-bau parfum malaikat subuh sekarang baunya macem2 tapi ya nikmatin aja lah yang penting masih bisa fokus ibadah. Selesai sholat maghrib dimushola kita semua kumpul di aula untuk breafing, kepala sekolah sebagai pembukaan dan menjelaskan banyak hal yang penting. Abis itu periksa barang bawaan individu dan kelompok sama panitia-panitia supercamp yaitu guru kami sendiri. Ada bu wahyu, bu yayah, bu ria, bu lia, bu herni, pak didik, pak adi, pak ali, pak mario, pak irfan, pak peri, dan pak rifai. Setelah periksa barang bawaan, semua kelompok diberi waktu 20 menit buat bikin :
1.      Nama Kelompok > Gunung Kerinci
2.       Yel-yel :
 Kami Kelompok 10
 Dari gunung kerinci
 Kami punya singkatan
 Klompok riang ceria
 Ceria, ceria, hadapi rintangan > pake nada lagu anak-anak :D
3.       Membuat Kerajinan bahan dari alam : Boxpens > akan dijelaskan dicerita
4.       Menampilkan Kesenian saat api unggun > Orchestra Alam.

Nah itu yang kelompok gunung kerinci tulis di atas kertas putih, setelah itu dikumpulkan ke panitia. Oia di kelompok 10 fahri ditunjuk sebagai Ketua. Fahri diberi kepercayaan buat memimpin mereka, insya allah lancar sampai akhir. Bismillah. Gak terasa breafing sampai menunjukkan jarum jam panjang diangka 9 malam, waktunya tidur. Eh tapi yang perempuan dan laki-lakinya tidurnya pisah kho, perempuan di ruang guru, para jagoan di ruang aula yang penuh dengan gigitan nyamuk. Aiish. Ke 5xnya tidur disekolah buat kasih makan nyamuk :(. Selamat malam. 

Let’s Go!!! And Fighting ^^9

*piiiit* *piiittt*, *piiiit* *piiiit*.

Hoooaam. Jam setengah 3 pagi kita udah dibangunin sama bunyi pluiit panitia. Ada 3 bunyi pluit sebagai perintah. Kalo bunyi pluitnya 1x dan panjang itu artinya Waktunya sudah habis, bunyi pluit 2x dan terus menerus dibunyiin itu artinya seluruh ketua kelompok kumpul, bunyi pluit 3x tandanya seluruh prudent peserta supercamp kumpul. Karena tadi panitia bunyiinnya 2x, berarti sekarang seluruh ketua kelompok kumpul termasuk fahri. Pas disuruh baris keliatan banget yang masih ngantuk, yang masih gak sadar dengan nyawanya, yang masih ileran pun ada, lucu deh ngeliat wajah2 pemimpinnya. Fahri sendiri sih udah sadar walau tidurnya singkat dalam waktu 4 jam doang, puas sih puas tapi pas liat kedua tangan Bentol semua -_- ini pasti perbuatan nyamuk, aaarrghh. Ternyata yang bangunin kita tadi pak adi dengan pluit tangguhnya itu yang dapat membuat kita bergetar *asik* hahaha. Iyalah jelas karena pak adi adalah ketua acara. Yang disampaikan oleh pak adi tadi adalah kita diberi waktu 30 menit sampai jam 3 pagi untuk sholat tahajud dan beres2 barang bawaan. Tanpa buang-buang waktu setelah dibubarkan langsung ambil wudhu dan sholat jamaah lagi bareng calon penerus bangsa yang diimamin sama pak adi.

Setelah sholat tahajud berjamaah, sekarang semua kelompok kumpul dilapangan untuk persiapan berangkat dengan kendaraan Tronton TNI. Sebelum kita masuk kedalam trontonnya yang terlebih dahulu adalah barang bawaan individu maupun kelompok yang dimasukkan dikolong bangku supaya rapih karena perjalanan Tangerang – Bogor cukup jauh. Setelah barang bawaan udah baru deh yang perempuan masuk disambung dengan laki-laki. Jangan berfikir kita disana mau liburan atau senang2, soalnya tujuan kita kesana itu untuk supercamp bukan happycamp :D. Ada 3 Tronton, Tronton 1 untuk Kelompok : 1-4, Tronton 2 untuk Kelompok : 5-8, Tronton 3 untuk Kelompok : 9-11. Kelompok fahri di Tronton 3. Sekarang saatnya berangkat pada pukul sekitar 03:30WIB, bismillah semoga sampai tujuan dengan lengkap dan selamat.

Jam 5 pagi kita udah sampai dibogor tapi belom sampai digunungnya, sekarang melaksanakan sholat subuh di masjid pinggir jalan karena emang udah waktunya sholat. Padahal jarak gunung dari masjid masih ada sekitar 1 jam tapi hawa dingin udah mulai kerasa banget, untunglah ada jaket yang bisa sedikit membuat hangat.

Kita sampai disuatu tempat untuk melanjutkan hiking ketempat perkemahan, tapi kan gak mungkin trontonnya naik ke jalan yang gak seharusnya. Sekarang bagi2 tugas buat bawa barang bawaan kelompok, oke fahri kebagian bawa kompor sendiri. Perjalanan menuju perkemahan gak sulit sih soalnya jalurnya ada batu2an yang udah disusun jadi mudah, yang bikin sulit itu udah bawa tas gede ditambah bawa barang bawaan kelompok tapi nikmatin aja. Bersyukur banget kaki gak ada rasa pegelnya karena latihan marching minggu kemarin udah cukup buat persiapan, taulah rasanya pbb display disiang hari ditambah main musik.

Sekarang sarapan pagi bersama dilapangan, sambil curi-curi pemandangan sekitar yang masya allah indah banget. Sarapan yang ada di box pokoknya kudu wajib abis kata bu wahyu mah. Didepan udah ada tiang bendera seadanya dan bendera merah putih. Setelah sarapan langsung upacara abis itu breafing buat pembagian tenda kelompok. Kelompok 10 beruntung banget nih dapet tenda yang depannya sumber mata air pegunungan yang mengalir. Sekarang sumber air sudah dekat *logat papua*. Eiitss yang paling penting itu membuat parit, tau sendiri kan parit buat apa ?.

Supercamp dimulai !! acara pertama itu mencari Clue, diacara pertama ini cuman kelompok fahri yang gak dapet clue :( kita udah berusaha semampunya tapi alam berkata lain, ternyata cluenya ga ada. Yang fahri denger sih katanya ada yang mindahin cluenya dari tempat aslinya, maaf ya pak bukan fahri nguping tapi kuping fahri emang peka. Temen-temen kelompok nanyain, “ri ini gimana?” “ri terus kita gimana” “cuman kelompok kita ri yang belom”. Oke-oke fahri ngerti perasaan kalian tapi gak udah takut ini masih awal banget, kita jangan nyerah disini aja. Siapin aja kemampuan kita diacara selanjutnya. Karena fahri sebagai ketua jadi selesai acara pertama fahri ingin menanyakan nasib gunung kerinci ini ke panitia, “permisi pak maaf ganggu, untuk kelompok 10 gimana ya pak cluenya ?”, tanpa lama2 pak adi langsung jawab “yaudah lanjutin aja”. Alhamdulillah dengan perasaan lega fahri bersyukur, balik ke tenda dan menyakinkan teman-teman lainnya bahwa ini bukan masalah besar kita harus lanjut!!.

Di sore hari ada acara kedua yaitu Outbond >.<. Nah diacara kedua ini Kelompok fahri mendapatkan clue yang seharusnya didapatkan ditambah potongan gambar yang nantinya berbentuk maskot prudent yaitu Lumba-Lumba. Clue yang kita dapat cuman 4 padahal kelompok fahri udah mainin semua outbondnya tapi ada 1 outbond yang gak kita dapet yaitu di pos pak peri. Potongan lumba-lumba baru 3. Hasil akhir outbound kelompok gunung kerinci dapet 4 clue, 3 potongan gambar, dan mendali hijau di pos pak irfan. Selesai outbond semua pakaian basah + kotornya bukan main lagi, di posnya pak adi yang membuat pakaian ini menjadi kenangan dengan terjun kedalam lumbur dan keluar dalam waktu 3 menit. Alhasil sumber air + toilet menjadi tempat paling utama untuk bersih2. Pak irfan memberi kita waktu buat masak dan makan2 untuk kelompok masing2, kelompok 10 menu kali ini cuman bisa rebus singkong, ubi + gula sebagai pelengkap. Kata siapa gak kenyang ? buktinya kita udah abisin 1 plastik singkong dan ubi, masih sisa 1 plastik lagi buat besok. Di saat makan ada kejadian yang koplak, lucu, dan gokil banget. Semua anggota kelompok 10 kan makan didalam tenda, semua makanan ada ditengah2 jadi kita kelilingin makananny. Pada saat asik2 makan dan latihan buat nanti malam api unggun tiba2 ada bunyi ghaib yang sepertinya tidak asing lagi, kalian tau itu bunyi apa ? ya itu adalah bunyi Kentut yang luar biasa suaranya gede banget. Ternyata disini Suci adalah tersangka utama. Setelah suci konyolnya lagi Ita dan Yuli nyusul kentutnya si Suci. Arrrghhh kalian kenapa pada BBM di tenda yang tertutup ini, entah ini makanan udah campur sama gas. Gak lama lagi, Fahri sama Wahyu dan Miftah juga ikutan kentut. Abisnya si Suci mancing2 sih jadinya kan kepengen juga. Kwakwakw gokil + pada ketawa ngakak banget sambil liat muka2nya yang komok!! Eh tapi si Fahrul hebat lho dia gak ngeluarin kentut sama sekali, daebak*!! (*keren).

Jam 9 malam kita kumpul dilapangan, dengan lengkap pakaian hangat masing2. Ternyata malam ini kita akan Api Unggun yeeey. Sambil nunggu apinya gede kita main games dari pak irfan, lumayan mengasah otak nih. Pak irfan itu dimanapun dan kapanpun selalu membawa pikiran kita dengan gamesnya, semuanya pasti membutuhkan kecepatan, ketetapan, kebenaran, dan logika. Jadi kalo lagi main games sama pak irfan intinya jangan melamun, bisa2 kena hukumannya sekalinya meleng. Hehehe. Api unggun udah mulai keliatan untuk menemani kita malam ini, sambil menikmati hangatnya api ini setiap masing-masing kelompok nampilin yel-yel dan keseniannya. Yang lucu itu kelompok 8 nampilin tari papua, gimana ga lucu coba narinya beda banget sama aslinya eh tapi bagus2 udah menghibur hihihi. Giliran gunung kerinci, Kelompok fahri nampilin apa tau kan ? ya kita nampilin Orchestra Alam, alat musiknya : fahri megang piring+sendok, wahyu dan fahrul telapak tangan, miftah batu, suci suara 2, ita sama yuli sebagai vokalis. Kita mempersembahkan lagu sunda dengan iringan orchestra seadanya. Agak lega pas kita udah selesai tampil, selanjutnya tinggal nyaksiin penampilan kelompok lain. Sebelum malem api unggunnya berakhir ada pengumuman buat kelompok yang berhasil nampilin terbaik, kelompok yang mendapat nilai A adalah ........ kelompok 10 !!! >....< waaah alhamdulillah, makasih ya allah. Ini pembuktian bahwa kita itu gak nyerah begitu aja hahaha. Mereka belom tau behind the scene yang kita lakukan dibelakang panggung, kwakwak. Terima kasih kelompok 10, bangga sama kalian. Usaha kentut kalian maksudnya usaha semangat kalian gak sia2. “usaha keras itu tak akan menghiyanati”. Udah jam 11 malam saatnya tidur ke tenda masing2, ehiya untuk laki-laki tidurnya pisah dengan tenda perempuan. Fahri 1 tenda dengan laki-laki kelompok 10 dan 11, nanti jam 2 dibangunin lagi buat... Jurit Malam. “Aaaauuuu” *suara kucing rasa srigala*

*piiiitt, piiiittt, piiittt* *piiitt, piiiitt, piiiittt* *piiiittt, piiiitt, piiitt*

Aiiisshh itu bunyi pluit 3x tandanya ... semua peserta kumpul :o ditenda udah mulai grasak grusuk, termasuk fahri yang ribet pake sepatu tali -_- selesai pake sepatu langsung lari ketenda kelompok sambil masang jas ujan, ambil bambu dan caw ke lapangan buat kumpul. Seperti yang fahri bilang jam 2 pagi waktunya jurit malam. Jurit Malam udah pada tau kan ngapain aja ? jadi kita itu ke setiap pos2 untuk menyelesaikan masalah kalo berhasil semuanya dianggap sebagai pemenangnya. Masing2 kelompok cuman boleh memakai 2 senter, untuk kelompok 10 yang megang senter paling depan fahri sendiri untuk yang megang senter paling belakang wahyu. Let’s Go !!

Dengan keterbatasan tenaga kelompok 10 itu jadi kelompok terakhir dalam menyelesaikan masalah, yagapapalah teman yang penting kita udah berusaha walau fisik kalian udah mulai down tapi keliatan semangatnya dimata kalian semua. Fighting!!! Mangat mangat \(^O^)/.

MAASSIHH SEMANGAAT KAN BACANYAA ?? LANJUUT ? JANGAN LUPA MINUM AIR PUTIH.

FINALLY, YEY!

Sekarang jam 6 pagi, setelah Jurit Malam kita langsung melaksanakan sholat subuh dilapangan. Sebelum balik ke tenda seluruh ketua kelompok kumpul dulu dengan pak adi dan pak didik. Sebagai pendinginan kita diajak main games.

Pak adi : ikutin apa yang bapak katakan. Nama saya Adi, saya tinggal di Indonesia.

Hampir seluruh ketua pada bisa jawab nih walau fahri salah 2x :D tapi ternyata ada yang gak bisa jawab yaitu Rivaldi, akhirnya si Rivaldi dikerjain abis-abisan kwakwak walau bisa juga sih gara-gara dikasih tau sama ketua Rizki.

Oke games tadi itu cuman pendinginan dan buat test kelayakkan ketua -_- setelah itu pak adi memberi info bahwa kita diberi waktu 45 menit buat sarapan pagi dan beres2 barang bawaan buat balik lagi ke Tangerang. Sarapan pagi ternyata kita dapet lagi dari panitia >.< eh tapi rasanya kurang akhirnya kelompok 10 rebus singkong sama ubi lagi, kwakwak ya allah semoga gak keulang lagi-_- alhamdulillah makan pagi kali ini lancar, sekaligus kita beres2 dan bersihin sampah2 yang ada disekitar. Tapi.. aaarrggh sekarang Fahrul yang nge BBM (baca:kentut) -___- nih anak pasti bales dendam yang kemaren. Udahlah udah mau pulang nih, kalo kek gini terus bisa gila liat muka2nya nahan pup. Abaikan si Fahrul, barang bawaan yang ada di tas udah mulai enteng nih soalnya semua makanan udah abis sisa baju kotor aja yang menuh2in. Udah jam 7 upacara penutupan, bismillah balik ke Tangerang.

END

Yeey selesai ceritanya, gimana menurut kalian acara supercampnya ? komentar aja :p. Maafin ya kalo ada yang typo. Etss lupa, Selamat Menjalankan Ibadah Puasa ya umat muslim!!! SEMANGAT DIBULAN PENUH BERKAH INI !!!

Maaf gak bisa nampilin dokumentasi soalnya belum dapat fotonya dari panitia, nanti kalo udah dapet pasti deh langsung di update :) makasih ya udah mampir, tetep setia kan ? hihi. Sampai ketemu di cerita berikutnya!!

{ 1 komentar... read them below or add one }

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Selamat membaca :) Semoga terhibur dan bermanfaat

Translate

My Linkedin

Follow My Instagram

Instagram

Popular Post

Followers

Total Pageviews

FahriTS. Diberdayakan oleh Blogger.

Daftar Isi

- Copyright © 2013 Fahri Tri Setio -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -