Posted by : Fahri Tri Setio Selasa, 28 April 2015


Haloo sobat blogger, gimana kabarnya ? pastinya baik dong kayak Fahri :D

Tau Acara Gita Teladan Concert Series #2 ? Di Usmar Ismail ? Nah sekarang fahri mau cerita nih buat kalian yang sobat blogger pengunjung setia.




Gita Teladan Concert Series 2 adalah Acara yang diselenggarakan oleh Yayasan Alumni Gita Teladan dalam rangka hari jadi Gita Teladan Drum & Brass Corps yang ke-33. Acaranya di Usmar Ismail Hall, Kuningan. Jakarta Selatan. Dari jam 10 pagi sampe jam 10 malam, itu kan cuman konser musik tapi ada Pit Instrument Clinic oleh Gabriel Laufer dan Brass Instrument Master Class oleh Eric Awuy. 

Sekarang fahri cerita pengalaman fahri kemarin 25 April 2015 sebagai pemain tuan rumah, pokoknya rasanya campur aduk banget ada rasa senangnya, ada rasa bangganya, ada rasa harunya, ada rasa sedihnya juga. Kalo senang, bangga, dan haru bisa diliat dari acaranya yang berjalan lancar dan dilihat oleh ratusan pasang mata yang fokusnya ke Main Stage/Panggung.

Latihan persiapan konser ada sekitar 3 bulan lewat, dari awal tahun 2015 sampai H-3 konser untuk Concert Bandnya. Fahri sebenernya di alat Snare Drum tapi karena buat concert anak-anak perkusi semuanya pindah ke alat pit, pas dipindahin sama sekali belom pernah ada basic atau pengalaman dialat pit jadi mesti harus belajar basic selama 1 bulan setengah, dan sisa waktunya langsung belajar lagu buat concert, lagu pertama kali yang fahri dapet buat pelajari adalah Troika di Marimba 2. Ekspresi pertama kali adalah Kaget, ini apaan yang ada dipartitur ? oke itu adalah notnya. SMP ikut marching tapi gak pernah diajarin cara baca not balok cuman diajarin not bacot(dibacain). Sekarang di GT fahri baru diajarin cara baca Not Balok, Alhamdulillah pengalaman dan ilmu baru lagi di sini. Selama 1 bulan setengah akhirnya ngerti juga cara bacanya dan oh ini toh kalo C kena Mol oh ini toh kalo G kena Kres oh ini toh Ketukkannya. Setelah ngerti itu fahri langsung belajar lagu Troika secara nyicil2, misalkan hari ini berapa halaman, besoknya ulang + belajar halaman berikutnya. Tapi kadang suka masih salah, dan tentunya senior yang turun tangan juga hehehe. Lagu 1 udah selesai, sekarang lagu 2 Niles Dance. Ini nih lagu yang asik dan lebih ngebit temponya dibandingkan lagu 1 yang mellow dan enjoy. Di lagu 2 fahri pindah alat ke Xylo dari Marimba 2. Yang tadinya marimba barnya gede2 sekarang xylo barnya kecil2, ya allah ini tantangan lagi dan pengalaman baru. Lagu ini gak makan banyak waktu sih soalnya fahri banyak kosong2nya hehe tapi di endingnya yang bisa susah. 


(ini foto diambil bulan Februari kemarin, lagi pemanasan basic 4 mallet :D )


Selama latihan itu semua pasti ada cerita, nah ada 1 cerita yang bikin kecewa. Tadinya yang main concert alat pit ada 9 orang, tapi 1 orang keluar gara2 gak diizinin sama orang tuanya :’( dia sebenernya niat buat concert, pas latihan dia serius banget belajar aksesoris. Kadang dia bisa bikin kita ketawa dengan tingkahnya yang pendiem itu. Tapi sayang banget, ditengah perjalanan dia keluar dari GT dan gak bisa ikut concert karena orang tuanya yang ga restuin. Alhasil anak pit tinggal 8 orang.

Tinggal beberapa hari lagi kita meski latihan sampai malem, serius tapi dibawa asik aja. Kalo lagi waktunya gabungan itu waktunya serius, tapi kalo waktunya break/istirahat itu saatnya buat sharing2 dan ngobrol. Pokoknya kalo lagi gabungan ada pelatih itu beda banget, fahri jadi tau kesalahan fahri dimana. Jadi fahri bisa memperbaiki apa yang dikomentari ka andreas.

25 April 2015

Waah sekarang udah hari Hnya nih Acara Gita Teladan Concert Series 2. Bangun tidur dari jam 4 dan langsung prepare perlengkapan untuk Gladi Resik, terus perlengkapan buat konsernya mana ? untuk perlengkapan buat konser udah disiapkan dari jauh2 hari, soalnya biar pas hari H gak ada yang ketinggalan dirumah. Jam setengah 5 berangkat bareng Deny(Bels) dan Hesti(Marimba), azan subuh berkumandang minggir dulu kemasjid buat sholat subuh. Jam 5 berangkat lagi langsung OTW ke Usmar Ismail Hall, Kuningan. Fahri lewat rute dari Cipondoh – Kalideres – Daan Mogot – Grogol – Tomang – Slipi Jaya – Kuningan. Nah disini ada cerita yang fahri gak lupa seumur hidup. Ternyata Fahri jam 6 belom sampe kuningan, seharusnya udah sampe tapi fahri masih muter2. Yakalian tau apa yang terjadi ? fahri ternyata nyasar dijakarta pagi-pagi. Ya Allah, ini dimana ? kanan kiri gedung semua yang tinggi2. Akhirnya fahri sadar Lah Kho Fahri lewat Patung Pancoran ? ini udah kelewatan jauh bangeeet ya allah. Mau gak fahri harus nanya2 orang. Pertama kali fahri nanya ke Petugas Bangunan.

Gua yang nyasar : “mas numpang Tanya mau ke Usmar Ismail kemana ya ?”
Petugas : “usmar ismail ? daerah mana ?”
Temen gua yang ikut nyasar : “Kuningan, Jl Rasuna Said”
Petugas : “coba bentar saya Tanya ke teman saya, ‘bang kuningan dimana dari sini’.”
Petugas : “nanti dari sini lurus terus sampe kalo ketemu lampu merah ambil ke kiri abis itu nanti kalo udah lewatin fly over 2x ambil ke kiri jangan naik lagi”
Gua yang nyasar : “terima kasih ya mas”

Akhirnya gua jalan ikutin apa kata itu petugas sambil baca2 rambu2 petunjuk arah dan benar kekuningan, lalu Tanya lagi ke orang2 yang ada kalo ke Gedung Pusat Perfilman Usmar Ismail dan semua yang gua Tanya gak ada yang tahu itu gedung dimana -__- udah jam setengah 7 pagi padahal. 

Oke terpaksa gua buka GPS dari langsung find location dari tempat gua berada ke usmar ismail. Oke gua ikutin dan ternyata gua malah nyasar ke Casablanca. Ini dimana lagi -_- setau gua usmar ismail dari Casablanca udah deket tapi arahnya kemana ? yaudah gua lanjut jalan aja sambil pelan2 supaya ga ketinggalan rambu petunjuk arah kuningan, sampe ketemu tulisan kuningan belok kiri gua ambil kiri dan gua terpaksa harus nanya lagi ke orang lain. Akhirnya gua ketemu salah satu petugas Transjakarta.

Gua yang nyasar : “mas numpang Tanya kalo ke Usmar Ismail pusat Gedung Perfilman di jalan Rasuna Said ?”
Petugas Transjakarta : “ohh gedung tua sebelah festival plaza ya ? ini udah sepanjang jalan rasuna said, kamu lurus aja terus sampe lewatin 4 halte busway dari ini(sambil nunjuk halte busway yang ada didepan) abis itu muter balik nanti gak jauh dari situ ada gedung tua usmar ismail disebelah plaza.”
Gua yang nyasar : “ohh terima kasih banyak mas”

Alhamdulillah akhirnya fahri nemu orang yang gak salah buat ditanya, coba daritadi pasti 1 jam yang lalu udah nyampe. Ternyata udah jam 7 pagi, bisa dibilang fahri udah muter2 sekitar 1 jam. Padahal ketemu gedungnya itu2 mulu tapi malah nyasar. Pas udah lewatin 4 halte busway dan rambu muter balik langsung ke kanan, gak jauh dari situ ternyata ketemu lah tujuan fahri *Pusat Pefilman Usmar Ismail*. Waktu udah menunjukkan pukul 07:15 WIB.

Sampai di dalam usmar ismail tinggal tunggu komando dari panitianya aja. Sambil nunggu ternyata kita dapet PIN acara dan ada tulisannya “ARTIST”. Ada kegiatan wajib yang harus fahri lakukan ditempat baru, yaitu mencoba sabun kamar mandinya. Akhirnya fahri kekamar mandi yang deket banget sama ruang VVIP / ruang tunggu Pengisi Acara. Pas di coba ditangan ternyata sabunnya wangi strawberry. Ini sama seperti ini di kamar mandi Trans Studio Mall Bandung, wangi strawberry. 

Jam setengah 8 GT dapat pemanasan selama 30 menit. Karena aksesorisnya belom dipasang akhirnya diutamain pasang stand buat aksesoris, makan waktu 20 menittan. Fahri cuman kebagian pemanasan marimba cuman basic 1 doang.

Jam 10 ke acara sesi 1, yaitu Pit Instrument Clinic. Pengisi acaranya Gabriel Laufer, mungkin ada yang udah kenal. Selama dia ngomong sedikit ngerti dan sedikit ga ngerti, karena ya dia menggunakan bahasa inggris yang fasih dan benar, okey im not fine. Karena ruangannya AC ditambah dia ngejelasin ini support banget buat mata merem -_- ngantuk banget.

Gabriel Laufer ngisi sampe jam setengah 1. Nanti jam 2 ada sesi 2 yaitu Brass Instrument Master Class diisi sama Eric Awuy ( Juri GPMB ). Berarti ada waktu istirahat buat peserta yang hadir sebelum ke acara sesi 2. Pemain konser GT mulai pindah ke ruangannya di dalam sebelah kiri dan paling pojok kiri. Waah ruangannya nyaman banget dan adem, syukur deh berarti ga bikin keringetan yang mengakibatkan pundi pundi air ketiak yang membau.

Didalam ruangan tenang, ada yang denger mp3, baca partitur, tidur, selfie, rapihin perlengkapan. Fahri bangga banget ada diantara mereka, bisa ketawa bareng, sedih ada yang perhatian, saling melengkapi, solidarity, pokoknya ga nyesel.

Jam 2 anak2 brass mulai ke stage buat sesi 2 sebagai pemain juga nanti seperti band2 lain. Pengisi acara GTCS2 ada MBGPM, MBUI, MBWGITB, Gita Pakuan, Beras en Sambel, Eric Awuy dan Gita Teladan Brass Ensemble, Gita Teladan Concert Band.

Selama anak brass di sesi 2 anak pitnya di ruangan jagain sekaligus beresin mallet2 yang akan dibawa. Tapi karena diruangan terlalu dingin fahri ikut ke dalam bareng asha, sita, hesti dan ka arry. Sampai didalam nonton dan sambil memperhatiin Eric Awuy menjelaskan. Nyatanya didalam ruangan Hall lebih dingin lagi. Crazy moment.

Jam 5-7 mulai ganti kostum, make up, nyemir pantofel, sambil makan malem juga. Kostum fahri malem ini kaya gini lho :

(Gimana ? udah rapihkan ? hehe.) 

Jam 9 pemain Concert Band GT mulai stand by, dan disini lah kita sebagai penutup acara. Langsung detakkan jantung mulai naik beatnya. Dan oh shit mulai kebelet kencing, tahan ri tahan ini emang selalu terjadi. Dan ternyata bukan cuman fahri, temen fahri juga ada yang sama. 

Gua : “ka harnes, ka eric awuy masih lama ga?”
Ka Harnes : “ka aci ini berapa lagu lagi ?”
Ka Aci : “1 lagu lagi nes”
Ka Harnes : “masih 1 lagu lagi abis ini, lo kenapa ? mau kencing ?”
Gua : “iya ka, bentar ya 2 menit deh ini bener deh udah diujung banget” *lari*
Asha : “ka gua juga sama ya, bentar”
Ka Harnes : “iya buruan”

Aaaa rasanya lega banget udah dikeluarin, jadi tenang dan enteng. Kwaakw, gak perlu nahan lagi dah. Udah sampe di backstage ternyata pas banget kita maju. What ? iya sekarang penampilan Concert Band GT. Ya Allah, deg deg deg.

Pas naik ke atas panggung fahri udah megang 2 mallet marimba dikanan dan dikiri dan pas nengok ke depan kursi penonton waah banyak banget. Diantara mereka semua ada 1 orang yang special yaitu ibu fahri sendiri. Makasih udah sempettin waktunya buat liat anaknya main >< hihi.

Selesai setting posisi alat dalam hati udah mulai bicara “Bismillah, lancarkanlah penampilan ini ya allah”. Ka Heri mulai maju sebagai field commender. Beri salam dan mulai lagu 1 *TROIKA*

Lagu 1 selesai, Asha sama Sita maju kedepan dan ngomong2 sambil jelasin lagu tadi dan jelasin lagu selanjutnya yang akan dimulai. Sambil asha dan sita ngomong fahri mulai pindah alat ke xylo, ka harnes dari aksesoris ke marimba 2, ka fajri dari aksesoris ke bels, deni dari bels ke aksesoris. Setelah itu asha ke aksesoris, sita masih di alat vibranya, dan hesti masih di alat marimba 1. Sekarang mulai lagu 2 *NILES DANCE*

Alhamdulillah selesai penampilan male mini, para pemain tadi naik ke atas panggung foto2 dan acara selesai. Setelah itu panggung mulai rame sama para pemain buat foto2, dan ngobrol. Gak lupa fahri juga mau foto2 haha buat kenang2an dan bukti bahwa fahri udah mencetak sejarah sendiri tampil diacara besar. Im proud.

(Player Concert Band GT)


Setelah itu mulai packing alat untuk kembali masuk gudang tercinta di seskoal. Kira2 sampe jam 12 malam fahri baru pulang dari usmar ismail dan sampe rumah jam setengah 1. Capenya berasa banget dikaki, tangan, pikiran. Dikamar tangan mulai kesemutan, dan saatnya istirahat full di hari minggu. Hari senin mulai prakerin lagi di tangerang. Night, sleep.

Terima kasih GT Corps, fahri bangga hadir dikeluarga ini. Semoga gak sampe diacara ini aja dan bisa ketemu GT Concert Series berikutnya. 


Ini Temen2 seangkattan fahri, yang lainnya sebagai panitia.

waktu sudah menunjukkan malam hari o-|

aduh sita ngaca mulu, hahaha.

dressnya udah pas asha, dasi menornya udah rapih deni.

ciis...:v

Terima kasih sobat udah setia mampir ke blog fahri, lebih sering-sering lagi ya. banyak artikel dan cerpen yang bisa dibaca saat sedang santai >.< maaf yo baru posting blog lagi, semoga bermanfaat. 

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Selamat membaca :) Semoga terhibur dan bermanfaat

Translate

My Linkedin

Follow My Instagram

Instagram

Popular Post

Followers

Total Pageviews

FahriTS. Diberdayakan oleh Blogger.

Daftar Isi

- Copyright © 2013 Fahri Tri Setio -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -