Posted by : Fahri Tri Setio Kamis, 13 November 2014

Cerita perjalanan 3 sekawan railfans melakukan liburannya dengan kereta api.

Setelah puas istirahat karena cape perjalanan kemaren pagi-pagi kami langsung sarapan yang  sudah di bikin sama mbah putri. Hmmm menu hari ini adalah nasi goreng, biasanya di nasi  goreng cuman malem hari tapi ini pagi-pagi.

Karena kamar mandinya cuman satu-satunya, kami ber3 pun bergantian. Jam 8 pagi disini itu  berada jam 5 pagi di Jakarta. Mungkin ini faktor rumah mbah deket gunung jadinya ya  suasananya sejuk. Setelah sarapan dan mandi kami nonton tv, udah lama ga nonton berita.  Tapi sayangnya channel TV ga semuanya ada. Jadi nonton seadanya aja, hehehe.

Udah 10 pagi gua punya rencana, daripada bete dirumah yaudah gua ajak main ke sawah. Fajar  sama Valen juga segitu untuk main kesawah, tidak lupa bawa kamera. Sebagai tuan rumah gua  yang nunjukkin jalan menuju sawah. Jaraknya ga jauh cuman nyebrang jalan utama abis itu  nyebrang kali kecil sampe deh di sawah. Setelah kita nyebrangin sungai gua liat gerak gerik  Fajar sama Valen mulai aneh, kaya gak tenang gitu badannya gerak-gerak mulu. Pas gua tanya  kenapa, ternyata mereka berdua tahan pipis. Dasar anak kota ga terbiasa di kampung gini  haha. Yaudah gua saranin buat pojok dideket pohon tapi jangan lupa bilang permisi. Setelah  mereka selesai pipis gua melihat muka mereka berdua nampak ceria lagi. Kami melanjutkan  jalan dan subhanallah indah sekali. Di depan mata kita udah ada sawah yang luas sekali dan  backgroundnya ada pegunungan. Aaahh ini indah banget Ya Allah... Tak menyangka ciptaan mu  seindah ini. Beda jauh sama kota yang kanan kiri udah gedung-gedung tinggi.

(pemandangan yang sangat indah)

Karena gua ga mau kelewatan kesempatan ini akhirnya gua minjem kamera yang dipegang valen  dan Selfie deh :D Sabodolah muka masih kucel banget. Oke kami melanjutkan perjalanan dari  sawah ke sawah. Ternyata ada sawah yang kering, ga tau apa emang belom panen atau gimana.  Rasanya belom puas banget kalo ga foto-foto. ini bener-bener super banget bisa berada  disini. Otak jadi segar kembali, beban tugas sekolah udah bisa dilupakan.

(selfie)

Selama 1 jam 30 menit bermain disawah kami memutuskan untuk duduk di bawah pohon yang tidak  jauh. Sejuuk, damai, indah, keren, bagus dan banyak lagi yang bisa diceritakan disini. Kami  ber3 cerita-cerita sedikit tentang pendidikan selanjutnya setelah mereka lulus smp mau  lanjut kemana. Rata-rata seorang railfans itu cita-cita hampir sama, ya menjadi Masinis  Kereta Api. Termasuk gua sendiri, tapi kayanya gua ga mungkin bisa jadi masinis. Jadi  masinis syaratnya Lulus SMA Jurusan IPA / SMK Jurusan Otomotif. Sedangkan gua Multimedia ?  ga ada nyambungnya kan -_- ahsudahlah gua harus terima jalannya. Mau gimana lagi udah  terlanjur nyebur disini.

(Fajar)

Selesai dari sawah kami lanjut main ke sungai, kami harus jalan lagi. Lumayan jauh sih,  tapi tidak membuat mereka menyerah begitu aja. Disini jarang ada motor/mobil lewat, soalnya  rata-rata pada suka dirumah. Jalanin disini juga ga kaya di komplek perumahaan yang di  chor. Tapi disini masih alami, ya batu batuan kecil. Akhirnya kami ber3 sampai juga di  depan sungai. Dan ini juga pemandangannya indah banget. Karena backgroundnya masih  pegunungan nan indah. Sungainya keliatan cetek, ga mungkin udah sampe sini ga main basah- basahan hahaha. Kami bertiga turun ke sungai, dan benar saja sungai cetek banget cuman  semata kaki. Tapi disini gua merasa agak geli gimana gitu, soalnya ada harta karun yang  ngambang di balik batu. Ternyata di balik batu ga cuman ada udang tapi ada harta karun juga  -_- entah itu siapa pemiliknya, main tinggal begitu saja kwakwka. Karena geli, kita bertiga  seger sedikit lebih jauh dari situ. Airnya dingin banget. Ketika sedang menikmati dinginnya  air sugai ada beberapa anjing dateng ke sungai buat mandi. Gua panik nih karena gua takut  sama hewan ini. Bener deh gua cuman bisa jongkok sambil pegang batu, kata fajar sih anjing  bakalan takut kalo kita jongkok ambil batu. Yaudah gua coba aja daripada kenapa-kenapa  bukan dirumah sendiri kan repot. 5 menit gua jongkok anjing itu kabur juga entah kemana.  Daripada nantinya anjing itu balik lagi kesini mending kita bertiga yang baik duluan  kerumah. Sebelum balik, kami foto foto dulu dan keringin celana bagian bawah yang basah.

(Gua, sama Valen)

Sampai dirumah ga terasa udah jam 2 siang, suasana panas disini rasanya mengajak untuk  tidur. Benar saja Fajar sama Valen udah tidur, tetapi gua sendiri belom bisa. Di dapur ada  mbah putri, gua menemani mbah putri dan sambil ngobrol-ngobrol karena udah lama ga ngobrol  bareng :(

Udah jam 7 malem nih, sampai sekarang masih belom mandi sore. Karena kami harus packing  buat besok pagi pulang lagi ke Jakarta. Mulai dari rapihin pakaian kotor, siapin baju buat  besok di pakai dan siapin makanan buat besok dibawa. Begitu cepat ya cuman 2 malam disini,  karena kami dapet tiketnya hari itu jadi mau gimana lagi. Bersyukur banget bisa liburan  kesini, ya ada suka dan dukanya. Sangat berharga. Setelah udah rapih packing lanjut mandi  dan istirahat tidur.

Selamat pagi ... Sudah jam 6 pagi saatnya bangun dan harus segera mandi. Jam setengah 7  kami bertiga sudah siap udah melakukan perjalanan pulang. Terima kasih mbah putri, maaf  fahri sama temen-temen cuman sebentar tapi fahri udah bersyukur bisa ketemu sama mbah :).  Kami meninggalkan rumah dan nunggu angkot di depan gang. Disini angkot jarang sekali lewat,  makanya harus pagi-pagi karena kalo udah jam 9 pagi angkot udah ga ada. 10 menit nunggu  belom lewat juga, akhirnya kami foto-foto lagi hehehe buat kenang-kenangan. Setelah itu 3  menit kemudian angkot datang dan kami sudah berada di dalam. Di dalam angkot orang-orang  banyak yang bingung sama kita, entah mungkin isi dari tas kita kegedean. Takut di sangka  bawa pulang sapi -_-

5 menit dalam perjalanan angkot kami ber3 turun di jalan raya utama untuk melanjutkan naik  bus lagi ke stasiun kroya. Sebenernya di Gombong ada Stasiun tapi harga tiketnya murahan  yang ke kroya. Kami naik bus dan manfaatin buat istirahat. Selama perjalanan gua ga lupa  buat dengerin mp3 supaya energic dan semangat. Tapi tiba-tiba gua inget kembali hari  kemarin, berasa banget baru dateng dan ga lama main di sawah sama kali sekarang udah balik  lagi ke Jakarta :(

Sampai juga di Kota Kroya, kami turun tepat di depan kantor polisi kemarin dan mengucapkan  terima kasih kembali sama petugas disana hehehe. Sebelum pulang kami main dulu ke PJL kroya  atau palang perlitasan. Disana kami bertiga kenalan dulu sama yang jaga dan kami  menjelaskan maksud kesini dan dia terima kita dengan senyuman. Tas kami taruh di dalam pos  pjl dengan rapih. Nah disini adalah kegiatan para railfans. Yaitu hunting, kami bertiga  hunting saling bergantian mulai dari dekat pohon, dekat rel sebelahnya. Paling berkesan  adalah ketika ada lokomotif langsir kami beri jempol ke masinisnya dan dibalas dengan  jempolnya juga. Aaaaa masinis yang sangat baik. Udah jam 5 sore kami ijin pamit sama  bapanya dan balik ke stasiun kroya.

Jam 6 sore kami ambil posisi duduk dibangku panjang di ruang tunggu penumpang. Fajar buka  tiketnya dan masih ada 6 jam lagi baru kami berangkat ke jakarta. Kami berangkat dari Kroya  jam 6 pagi esok hari. Sebelumnya kami beli tiketnya dari Purwokerto ke Jakarta Kota tapi  kami sekarang naiknya dari Kroya. Karena kami takut nantinya malah ga bisa akhirnya kami ke  ruangan customer service yang ada distasiun ini. Gua sama Fajar yang kesana, dan valen jaga  tempat duduk. Gua sama Fajar masih malu-malu dan ragu untuk nanya, tapi gua malah didorong  sama Fajar masuk dan mau gimana lagi udah masuk masa keluar. Gua dilayani sama petugas  perempuan namanya Mba puspa. Di seragamnya terlihat jelas hehehe. Aaa mba puspa  ngelayaninya ramah banget sama kami, bahkan kita di kasih bonus karena udah berani jauh- jauh tanpa orang tua hehehe. Yaitu bonusnya tiket kita udah di cap/stampel duluan, jadi  besok pagi sebelum 1 jam pemberangkattan ga usah antri lagi tinggal masuk aja. Gua sama  Fajar berterima kasih banyak banget.

Sekarang saatnya shift tidur, Fajar sama Valen tidur duluan gua yang jagain tasnya. Masih  jagain gua smsan lagi sama perempuan spesial hehehe. Yaah baru beberapa sms dia udah mau  tidur, mau gimana lagi hp gua sepi kembali. Bete juga nih nunggu gini, tapi bete gua  seketika ilang ketika bisa liat kereta - kereta elite / eksekutif berenti dan lewat. Waah  suatu hari pasti gua bisa naik. Sampe jam 12 gua jaga tas dan Fajar udah bangun. Sekarang  gantian gua tidur. zzzz

Udah jam 6 pagi kami dibangunin sama satpam yang jaga. Enak ya naik kereta, petugasnya  baik-baik, perhatian, cantik-cantik :D. Kami bertiga langsung masuk ke dalam peron dan naik  KA Serayu yang sudah ada. Setelah taruh tas kami ga langsung duduk, tapi langsung keluar  gerbong dan lari ke gerbong paling ujung tepat di belakang lokomotif. Soalnya dari  Purwokerto ke Kroya mau ke Jakarta Lokomotifnya haru pindah tempat. Kami sebagai railfans  ga mau ketinggalan cara pemasangan coupler(gantengan).

Kereta pun berangkat dan menuju ke Jakarta. Bye Gombong, Bye Kroya, Bye Mba Puspa yang  bertugas di KA Sawunggalih. Di dalam kereta sekarang Fajar sama Valen udah nyerah ga bisa  bergerak, mereka kecapean hahaha. Apalagi gua badan pada pegel banget, karena posisi tidur  di stasiun salah -_- Perjalanan Kroya - Jakarta Kota 6 Jam, jadi sampai sana itu sekitar  jam setengah 6 lewat.

Alhamdulillah, Terima Kasih Ya Allah kami telah selamat sampai Tujuan di Stasiun  Jatinegara. Fajar turun duluan saat Rangkaian ketahan sinyal masuk jatinegara. Sekarang  tinggal Gua sama Valen turunnya di Jatinegara, karena masih harus lanjut naik KRL. Dan gua  seneng banget udah turun di Jatinegara bareng Valen, huuuh liburannya ga terasa yah udah  selesai aja.

"len lu kenapa ? kho kaya bingung ?" tanya gua, karena valen mukanya pucet gitu.

"ini ri gua kan minta jemput sama nyokap tapi belom ada kabar, kalo gua naik krl gua ga ada  buat belinya" jawab valen agak sedih.

"owalah yaudah nih pake duit gua dulu aja, daripada lu nunggu tapi nyokap lu ga bisa kan  jadi susah" gua bantu valen karena kasihan juga.

"terima kasih ya ri, gua duluan yah. Sampai ketemu nanti lagi ya buat copy dokumentasinya"  valen pergi meninggalkan gua sendirian.

"iya leen sama2, oke oke daah" gua juga langsung lari naik KRL.

Gua sekarang udah berada di dalam KRL Tujuan JNG - BOO. Selamat perjalanan pulang langit  sudah gelap, dan gak terasa sekarang gua udah mau balik lagi kerumah. Suasananya jadi beda,  tadinya di kampung jam segini dingin disini cuman adem doang. Fajar Valen makasih ya kalian  sahabat gua banget!! Gua dapet banyak pelajaran dan pengalaman dari kalian, seru banget.  Kapan-kapan kita Tour Bareng lagi yaah... Miss you.

Setelah sampai rumah gua langsung salam dan peluk kedua orang tua. Setelah itu memberi  kabar ke Fajar dan Valen bahwa gua udah sampai dirumah dengan selamat. Sleep...

THE END

Terima kasih yah udah dibaca ceritanya, mohon maaf kalo ada kata-kata yang salah karena gua  ngetiknya sambil nostalgia juga :') hehehe. Di tunggu ya cerita lainnya dari blog saya :))