Posted by : Fahri Tri Setio Senin, 10 November 2014

Cerita perjalanan 3 sekawan railfans melakukan liburannya dengan kereta api.

Setelah kami sarapan pagi dengan pop mie seadanya bawaan lalu ada petugas stasiun sana yang menghampiri kita ber3. "Abis naik serayu tadi dek ?" tanya petugas disana yang umurnya  sudah tua dengan seragam yang rapih khas ppka (petugas yang ngatur masuknya rangkaian kereta di  stasiun tersebut) "iya pak" jawab kami ber3 sambil duduk-duduk biasa. "terus kamu sekarang  lagi nunggu apa ?" tanya lagi petugas tersebut, "lagi nunggu temen pak" sebagai orang  tertua akhirnya gua yang jawab, terpaksa berbohong sebenernya kami ada alasan lain. "ohh  kereta selanjutnya ? yaudah dek kalian tunggu di depan saja ya" petugas itu tetap memaksa  kami untuk keluar, akhirnya kami ber3 keluar dari stasiun kroya.

Disini nih kami mendapatkan masalah, yang rencananya kami untuk ke stasiun gombong naik kereta sawunggalih ternyata gagal -_- masih jam 7 pagi haaah masih ngantuk. Karena Kroya - Gombong  itu jaraknya masih jauh banget kami perlu naik bus. Sambil mikirin naik bus apa  kami saling itung-itung duit yang ada di dompet, kwakwa. Biasalah patungan biar irit.

Kebetulan ndak lama kami jalan keluar dari stasiun kroya di sebelah perlintasan ada kantor  polisi. Malu bertanya sesat dijalan, daripada kami tersesat ya kami memutuskan untuk  bertanya sama polisi yang sedang bertugas disana. Kali ini fajar yang ambil alih, karena  cuman dia yang ngerti bahasa jawa. Lalu fajar menjelaskan kenapa kita bisa ada disini,  thats simple. Kita mencari pengalaman yang baru. Abis itu polisinya menjelaskan untuk ke  gombong itu ada 2 cara, yang pertama naik bus langsung ke gombong atau naik bus turun di  pertigaan apa gitu lupa baru lanjut lagi dengan suara jawa campur batak.

Pertama kali bertanya sama polisi, ya pengalaman baru lagi. Kami ikuttin kata pak polisi  tadi yang pertama yaitu sekali naik aja. Kami jalan lagi sedikit untuk naik bus yang sudah  ada di depan. Setelah kami menemukan busnya kami tanya dulu harganya supaya tidak ditipu,  apalagi kami pendatang baru yang keliatan banget muka anak kota. Karena kami pelajar  dikasih harga 10 ribu, waah agak berat soalnya kantong mulai menipis :'( yaudah gua  ikhlasin, dijalan masih agak ga tenang soalnya kepikiran nanti pulang gimana. Sempat ada  perdebatan gua sama fajar, ya gua debat dan hampir emosi tapi alhamdulillah ketahan.  Padahal gua saranin waktu itu kita biar nginep di stasiun purwokerto aja jangan dikampung  gua, tapi dia tetap yakin sama pendiriannya kita bisa ke gombong. Emang sih bisa tapi kan  pulangnya jadi repot lagi soalnya uang kantong tinggal dikit.

Ga lama gua smsin bokap, bahwa gua sama mereka udah naik bus mau ke gombong. Abis itu bokap tlpn dan dia agak aneh kenapa gua naik bus dari kroya. Ya akhirnya gua ceritain semuanya ke  bokap, dan bokap ngerti keadaan gua sekarang. Gua ceritain ongkos buat ke pulang ke stasiun  kroya lagi udah gak ada. Uang fajar sama valen pas buat makan kita. Dan alhamdulillah bokap  paham keadaannya dan besok mau di transfer.

Perjalanan masih jauh dan sekarang cuman gua yang masih melek matanya karena kepikiran tadi pagi sama fajar yang beda pendapat. Fajar sama valen udah tertidur lelap nyenyak, kasihan  liat posisi tidur mereka. Fajar kepalanya miring ke jendela, valen tidurnya mulutnya  kebuka. Karena cuman mereka berdua yang semangat saat perjalanan kereta. Bisa diitung itung  fajar tidur dikereta cuman 5 jam dari 12 jam, valen hampir sama kek fajar sedangkan gua ? 8  jam 12 jam. Hahahaha...

Jam 1 siang kami ber3 telah sampai di terminal pasar gombong. Kami duduk sebentar sambil berfikir. Jarak dari pasar ke rumah mbah itu sekitar 5km lah. Ada sih angkot yang lewat  kesana/becak tapi tau sendiri dompet gua seketika udah tinggal 20 ribu, gua bener2 pusing  kenapa jadi gini. Mereka ngerti keadaan kita bertiga dan kami memutuskan untuk berjalan  kaki sejauh 5km dari pasar ke rumah mbah yang panasnya subhanallah diatas kepala.

Udah selama 1 jam kami berjalan dan masih ada sisa jarak 1km lagi. 2 botol minum 2liter  udah abis dan kami istirahat sejenak untuk meluruskan kaki. Gua sama fajar debat lagi, dia  kesel soalnya gua daritadi bilang dikit lagi tapi gak sampe2. Entah gua yang salah atau dia  yang memang ga sabar. Padahal bener tinggal belok kanan lurus terus ada pos satpam belom kanan  abis itu kanan lagi udah sampe tapi dia marah mulu. Gak mungkin gua marah sama dia, takut  perasaannya gak enak dan takut acara liburan kita jadi malah ancur gara2 sepele doang.  Sebenernya gua juga kesel dia kaya nyindir mulu di belakang, tapi ah gua harus dewasa dan  sabar aja.

Alhamdulillah Ya Allah sampe juga dirumah mbah, gua langsung salim sama mbah putri karena udah 2x lebaran gak pulang kampung :( kangen banget, terima kasih ya allah. Tapi ada rasa  sedih :'( mbah putri dirumah sekarang cuman sendiri. mbah akung udah meninggal 1 tahun yang  lalu :( mbaah fahri kangen, andai mbah masih ada mungkin fahri pengen kaya waktu kecil  dipangku di atas bangku favorit mbah :(. Gua sedikit nostalgia mengenang masa2 kecil  disini, main sama tetangga tapi gua ga bisa ngomong2 apa selain engggeh dan moh doang, main  batu di depan rumah bentuk nama/tanggal gua kesini, main ke kali, naik ke atas gunung,  jalan2 ke benteng van der wicj (wisata benteng digombong). Gua liat fajar sama valen udah  tidur lagi di bangku panjang tepat didepan tv. Gua melakukan tarik nafas dalem2 dan ya mereka adalah  sahabat sejati !!! Gua langsung masuk ke kamar mbah akung dan tidur disana bersama mbah  akung walau ga tidak melihat mbah akung :')

Bersambung .....

Setelah berganti hari kami lanjut bermain ke ..... waah indah banget beda sama di jakarta  hahaha. Tenangnya berada disini.