Posted by : Fahri Tri Setio Minggu, 09 November 2014

Cerita perjalanan 3 sekawan railfans melakukan liburannya dengan kereta api.

Hari ini adalah dimana gua, fajar dan valen akan pergi ke Gombong, ya kampung gua sendiri  yang berada di jawa tengah. Mereka adalah sahabat Railfans gua, udah sering kita ber3  hunting kemana-mana. Naik KA Lokal Purwakarta udah, JRan KRL Jabodetabek udah, Hunting di  Stasiun JNG, MRI, JAKK udah sering. Pokoknya banyak cerita deh sama mereka ber3 yang beda  dari yang lainnya.

Tentunya kami ber3 udah menyiapkan tiket pulang perginya H-1 bulan sebelum pemberangkattan. Dari kita ber3 itu selalu saling mengerti, jika memang belum kekumpul duitnya salah satu  dari kita ada yang rela keluarin dan tentunya itu pasti diganti ga usah ketakuttan. Fajar  udah atur schedulenya dan kita mau ngapain aja nantinya disana.

(santai-santai dulu sambil liat2 KRL JAKK-BKS/JAKK-BOO)

Tepatnya jam 10 pagi gua sama fajar janjian distasiun poris buat berangkat bareng,  ngertilah seorang railfans kek gimana. Setelah gua sama fajar berangkat bareng, saatnya  jemput valen di stasiun bekasi. Aaa rasanya seneng banget udah hari H. Setelah jemput valen  kami langsung ke stasiun JAKK (Jakarta Kota) untuk istirahat sambil menunggu kereta kami  datang tepat pukul 9 malam. Di stasiun kebetulan ada pameran kereta api indonesia, ada  cerita2 kereta indonesia jaman dulu dan lokomotif diesel dari tahun ke tahun. Tak luput  kami untuk dokumentasi supaya ada kenang2annya hehehe.

(gua, fajar, valen)

Setelah beberapa jam kami di stasiun, saatnya kami nunggu KA Serayu di peron sampai selesai berenti. Dan ya Allah rasa bahagia muncul ketika masuk ke rangkaian dan duduk di bangku  nomer sesuai tiket. Baru pertama kali pulang kampung tanpa Orang Tua dan cuman ber3 sama  mereka yang masih kelas 2 SMP sedangkan gua masih 1 SMK. Salut sama mereka bisa seberani  ini, gua kagum. Sambil nunggu kereta jalan ada sepasang kekasih yang sudah tua duduk  bersebelahan sama kami, kakek2nya lucu sering ngelawak mulu kwakwa. Sedangkan istrinya  istirahat tiduran, mungkin kecapean dari tadi sore nunggu.

Oia nih flashback sedikit, ketika gua nunggu KA Serayu datang gua sama mereka di datengin  sama orang yang ga kenal. Orangnya mencurigakan menurut gua nih, dari tinggal lakunya itu.  Dan gua baru inget, 1 minggu yang lalu ada temen di fb railfans juga kena hipnotis di  stasiun JAKK. Makanya gua langsung curiga aja daripada kenapa2, gua suruh mereka ber2 untuk  ke kamar mandi. Ini hanya alasan saja supaya jauh2 dari tuh orang. Dan langsung aja ke  kamar mandi dan menceritakan kenapa gua suruh ke sini. Setelah mereka paham kami balik lagi  ke tempat tunggu...

10 menit kemudian kami berangkat, agak telat sih dari jadwal sebenarnya tapi ini sudah  biasa karena Serayu emang terkenal ngaretnya. Gua hanya senderan di jendela sambil melihat  ibukota yang terang dimalam hari dan berdoa supaya berjalanan lancar. Gua juga bersyukur  karena orang tua gua yang setuju sama hobby anaknya ini. Sebenernya gua kasih tau mau ke  kampung itu H-1 sebelum kesana, wakkawa ngerti kan ? jadi gua cerita ke orang tua H-1  sebelum kesana supaya mereka tidak membatalkannya / tidak setuju :D kan ga mungkin udah  beli tiket dibatalin :p

Ini kebiasaan fajar sama valen lakuin, ninggalin gua sendiri begitu aja. Pas gua sms dia  ternyata dia ada di bordes. Tapi gua males kesana, masih pegel gara2 nunggu lama di stasiun  JAKK. Yaudah gua nikmati pemandangan dari jendela walaupun gelap sambil denger mp3 sedikit  nyanyi.

Karena bete gak ada cemilan gua langsung ambil 2 chiki buat cuci mulut di tas khusus buat  makanan kita ber3. Sebenernya ada bekel tapi itu buat besok pagi aja makan ber3, karena  perjalanan masih jauh banget.

Gak lama gua bangun, dan ya gua baru sadar ternyata gua ketiduran. Fajar sama valen nyuruh  gua buat gantian jagain tas. Kita udah sepakat buat gantian tidur, kalo gua tidur mereka  jagain tas, kalo mereka tidur gantian gua jagain tas. Sambil jagain sambil smsan juga sama  seseorang perempuan spesial :D

Setelah mereka bangun ga sadar tuh udah jam 3 pagi aja, pas banget lagi berenti di stasiun  cibatu. Kami turun dan jalan2 sambil liat2 suasana gunung yang sangat berbeda disini. Eiits kamera  mana kamera, hahaha. Kalo berenti distasiun tertentu itu lumayan lama kadang sampe  10menittan. Biasanya ada pengecekkan bogey(roda) dan ada kereta lain yang mau lewat (  Bisnis / Eksekutif ). Kami naik lagi ke gerbong setelah pemberitahuan dari stasiun bahwa KA  Serayu dari Jakarta menuju Purwokerto segera berangkat.

Selama perjalanan lagi kami memutuskan untuk di Bordes. Bordes itu tempat buat penumpang turun/naik yang ada toiletnya. Kami cerita-cerita tentang game trainz simulator, cerita- cerita tentang kereta api, dan waah banyak banget sampe ga terasa gua ketiduran lagi di  pintu kereta. Ga takut jatoh ri ? engga kho udah aman soalnya pintunya udah dikunci.

(ternyata posisi tidur gua manis yah :D)

Sudah jam 5 pagi dan udah ganti hari, memang tidak terasa sekali. Suasnaa dingiinnya itu ya allah, kapan di  tangerang kaya gini. Karena ingin menikmatinya lebih dalem lagi fajar membuka pintu kereta  dan mengeluarkan badan keluar sambil liat pemandangan dan gerbong2 kereta. Setelah gantian  valen, akhirnya gua disuruh nikmatin juga sama valen. Tanpa basa basi sambil membaca bismillah dan gua ngikutin mereka keluarin badan sambil pegangan ke besi pintu dan waaaaaaaahhhh subhanallah indah banget. Dengan kecepatan kereta rata2 80km/h itu anginnya  sepoi2 lewat diantara rambut sampe berdiri. Ahh sialnya ketika sedang menikmati itu ada  petugas kereta yang dateng dan menyuruh kita untuk mengunci kembali pintunya. Dasar kaya  tidak tahu perasaan anak muda saja, huh.

Alhamdulillah Ya Allah kami telah selamat sampai stasiun tujuan yaitu di Stasiun Kroya, kami istirahat sejenak dan sholat dhuha bareng fajar. Valen sebagai agama kristen dia ngerti  saat kita beribadah untuk menjaga tas kami. Sambil istirahat kembali, kami makan bekel  tinggal terakhir yaitu pop mie. Bekel nasi yang kita bawa udah abis saat perjalanan malem  hari, saling suap2an lagi kwakwa. Sarapan pagi kami sangat nikmat karena ada rangkaian ka  pertamina yang lewat.. hmm perfect

Bersambung ....

Setelah itu ada petugas yang dateng ke tempat kami, ..... akhirnya kami nurut aja kata  petugas dan kami mengerti. Mau tau kelanjuttannya ? stay terus aja di blog :D Jangan lupa  di share biar temen kamu baca juga :D hahaha