Posted by : Fahri Tri Setio Senin, 15 April 2013


Nih yang mau tau Tips Mengerjakan soal matematika :)

Soal matematika yang sudah adik-adik dapatkan ketika menghadapi ujian jangan langsung dibuang. Soal matematika tersebut bisa adik-adik manfaatkan untuk belajar menguasai matematika. Soal matematika menjadi soal yang cukup menakutkan bagi siswa sekolah yang akan menghadapi ujian nasional. Namun, dengan persiapan yang matang, adik-adik tidak perlu takut lagi menyelesaikan soal matematika yang akan dihadapi.

Soal matematika menjadi salah satu soal yang mendapat prioritas besar dalam setiap ujian, dari tingkat SD sampai SMA. Soal matematika menjadi perhatian penting bagi semua siswa yang akan menempuh ujian. Tidak semua siswa pintar dan mahir matematika, dan tidak semua siswa juga menyukai metematika, sehingga tidak sedikit siswa yang gagal menyelesaikan dan menaklukkan soal matematika dengan baik.

Soal Matematika – Tak Kenal Maka Tak Sayang

Soal matematika bukan untuk ditakuti. Soal matematika harus dilalui untuk mendapatkan hasil ujian yang memuaskan. Banyak yang beranggapan jika soal matematika banyak menjatuhkan mental para siswa, termasuk dengan adik-adik bukan?

Sebenarnya soal matematika itu bukanlah sesuatu yang harus ditakutkan. Soal matematika sama saja dengan soal mata pelajaran yang lainnya. Hanya saja menyelesaikan soal matematika dibutuhkan keahlian tertentu dengan memadukan rumus, ketelitian, dan waktu.

Banyak yang mengeluhkan kekurangan waktu jika mengerjakan soal matematika. Tetapi itu sebenarnya bukanlah intinya, karena setiap soal matematika diberi durasi waktu yang cukup untuk menyelesaikan setiap soalnya. Hanya saja mungkin adik-adik kurang familiar dengan tipe atau bentuk soal matematika yang diujikan. Nah, jika sudah begitu pepatah yang mengatakan “Tak kenal maka tak sayang” tampaknya berlaku pada adik-adik semua.

Bagaimana supaya soal matematika bisa adik-adik taklukkan tanpa merasa takut? Sebaiknya adik-adik kenalan terlebih dahulu dengan ragam soal matematika yang ada atau yang sudah dikerjakan selama duduk dibangku sekolah.

Selama ini ada kebiasaan di antara siswa yang suka tidak mau mengulang-ulang pelajaran di rumah, termasuk matematika. Begitu juga dengan tidak mau mengulang mengerjakan soal matematika kembali. Sehingga apa yang telah mereka pelajari seakan hilang begitu saja. Apakah adik-adik juga mengalaminya?

Nah, jika adik-adik tidak membiasakan mengulang atau mengenal contoh soal matematika dengan ragam soal yang lainnya, jangan harap soal matematika bisa adik-adik kuasai. Mengenal soal matematika bukan hanya sekadar mengulang soal matematika yang sudah ada, tetapi sebaiknya juga mengenal bentuk contoh soal matematika yang lain.

Ingat soal matematika dalam ujian nasional misalnya, bukan guru kalian yang membuatnya, tetapi pihak Diknas. Jadi kemungkinan soal matematika yang dibuat tidak sama dengan soal matematika yang dibuat oleh guru kalian di sekolah.

Dengan mengenal lebih banyak contoh bentuk soal matematika dari biasanya, akan membiasakan adik-adik dengan soal matematika tersebut, dan bisa dengan mudah adik-adik menyelesaikannya sesuai dengan batas waktu yang diberikan dalam soal matematika tersebut. Jika sudah mengenal banyak contoh bentuk soal matematika, tinggal adik-adik kembangkan bagaimana cara menyelesaikan atau menjawab soal matematika tersebut.

Kiat Menguasai Soal Matematika

Pintar matematika saja tidak cukup untuk menaklukkan soal matematika. Dibutuhkan keahlian dan kepiawaian dari siswa dalam menjawab soal matematika. Menjawab soal matematika tidak sama dengan menjawab seperti soal lainnya. Ada aturan yang harus dipatuhi ketika akan menjawab soal matematika.

Tidak hanya menggunakan rumus cepat saja adik-adik bisa menjawab soal matematika. Terkadang untuk menjawab soal matematika bercerita dibutuhkan langkah-langkah dalam menjawab soal.

Soal matematika ibarat pisau yang harus diasah terus-menerus. Kita tidak bisa menguasai soal matematika secara instan begitu saja. Hanya dengan membaca sekilas kita bisa langsung menjawabnya. Dibutuhkan beberapa tahap analisis dengan menggunakan rumus matematika untuk menyelesaikannya, dan ini dibutuhkan ketekunan dan ketelitian.

Jadi, jangan heran jika adik-adik banyak yang gagal menyelesaikannya karena kekurang telitian. Nah, sebenarnya ada cara yang bisa adik-adik tempuh untuk menguasai soal matematika ini. Apa saja kiatnya? Berikut beberapa kiat menguasai dan menyelesaikan soal matematika:

1. Kiat Menguasai Soal Matematika - Siapkan Strategi Jitu

Mengerjakan soal matematika bukan dilihat dari rumus apa saja yang harus digunakan, tetapi lebih dari itu, mengerjakan soal matematika dibutuhkan strategi yang jitu. Sebaiknya sebelum ujian berlangsung, adik-adik selalu mengulang pelajaran dan mengulang mengerjakan contoh soal matematika yang telah diberikan oleh guru di sekolah.

2. Kiat Menguasai Soal Matematika - Pilih Waktu yang Tepat untuk Mengerjakan Soal

Belajar matematika dengan tujuan untuk menyelesaikan soal matematika harus memperhatikan waktu yang tepat. Sebaiknya adik-adik pilih waktu yang bisa meningkatkan konsentrasi adik-adik belajar mengerjakan soal matematika di rumah. Lebih baik pilih waktu pagi hari untuk belajar mengerjakan soal matematika karena pagi hari otak dalam kondisi fres.

3. Kiat Menguasai Soal Matematika - Belajar Kelompok

Buatlah kelompok belajar khusus untuk menyelesaikan soal matematika. Dengan membuat kelompok belajar, adik-adik bisa saling berdiskusi dengan teman kelompok bagaimana caranya menyelesaikan soal matematika yang dirasa sulit.

Jangan lupa saling bertukar soal matematika antar teman kelompok jika menggunakan buku panduang yang berbeda-beda. Hal ini dilakukan supaya menambah wawasan adik-adik terhadap soal matematika.

4. Kiat Menguasai Soal Matematika - Belajar dari Banyak Sumber

Adik-adik bisa membeli buku kumpulan soal matematika dari berbagai karangan. Setiap pengarang soal matematika memiliki contoh soal matematika yang beragam. Sehingga adik-adik tidak hanya disajikan dengan soal matematika yang itu-itu saja.

Jadi, jika menemukan soal matematika yang lain dari yang lain, adik-adik tidak kaget lagi, karena sudah menemukannya di buku kumpulan soal matematika.

5. Kiat Menguasai Soal Matematika - Ikuti Kursus

Adik-adik bisa mengikuti kursus matematika untuk mendapatkan contoh soal matematika selain dari yang ada dalam buku panduan di sekolah dan penerbit buku pelajaran. Jangan lupa untuk aktif bertanya dengan guru bimbingan belajar tempat adik-adik kursus matematika.

6. Kiat Menguasai Soal Matematika - Jangan Malu Bertanya!

Malu bertanya sesat dijalan. Demikian juga halnya jika adik-adik malu bertanya bagaimana menyelesaikan soal matematika. Jadi jangan pernah malu bertanya dengan teman yang lebih pandai dari adik-adik untuk mengajarkan bagaimana menjawab soal matematika. Siapa tahu adik-adik akan tertular pandai mengerjakan soal matematika seperti mereka.

Kiat-kiat menguasai soal matematika di atas bisa adik-adik ikuti supaya soal matematika tidak lagi menjadi momok yang menakutkan. Jika masih belum terbiasa, adik-adik bisa memulainya dengan teman terlebih dahulu dengan bertanya bagaimana mengerjakan soal matematika yang sulit.

Selebihnya bisa adik-adik terapkan pertahap, misalnya jika selama ini jarang mengulang pejalaran dan mengulang mengerjakan soal matematika, setidaknya dalam sehari adik-adik mengulang selama satu jam dulu. Lama-kelamaan adik-adik akan terbiasa, dan soal matematika bisa ditaklukkan.

Tips Menguasai Rumus Matematika dalam Soal Matematika

Mengerjakan soal matematika diikuti dengan menguasai rumus matematika. Jika adik-adik tidak menguasai rumus matematika dengan baik, jangan harap soal matematika juga bisa adik-adik kuasai. Nah, kita tahu bahwa rumus matematika yang akan digunakan untuk menyelesaikan soal matematika tidaklah sedikit, sehingga dibutuhkan ketekunan yang ekstra untuk menguasainya.

Lalu bagaimana caranya bisa menguasi rumus matematika yang akan kita gunakan untuk menyelesaikan soal matematika yang tersedia? Berikut beberapa tips yang patut adik-adik coba untuk menguasai rumus matematika:

1. Tips Menguasai Rumus Matematika dalam Soal Matematika - Mengulang Mengerjakan Soal

Jangan perlakukan rumus matematika seperti menghafal pelajaran sosial misalnya. Rumus-rumus matematika yang ada adik-adik ingatkan dengan mengerjakan soal matematika. Jadi, sebenarnya ketika adik-adik mengulang mengerjakan contoh soal matematika otomatis melatih adik-adik mengingat rumus matematika yang digunakan.

2. Tips Menguasai Rumus Matematika dalam Soal Matematika - Tuliskan Rumus di Awal

Biasakan mengerjakan soal matematika dengan menuliskan rumus awalnya terlebih dahulu, baru kemudian adik-adik mengerjakannya dengan cara adik-adik sendiri.

3. Tips Menguasai Rumus Matematikan dalam Soal Matematika - Ciptakan Rumus Sendiri

Adik-adik bisa membuat ringkasan rumus matematika sendiri. Masukkan ringkasan rumus matematika ke dlam catatan khusus, atau jika banyak bisa dibuat dalam bentuk kamus rumus matematika. Ketika akan mengerjakan soal matematika adik-adik tidak perlu lagi membolak-balik halaman buku matematika, cukup membuka kamus rumus matematika yang sudah dibuat.

Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang dianggap sebagai momok paling menakutkan bagi para pelajar. Sebagai ilmu pasti, matematika memang tergolong rumit sehingga memerlukan konsentrasi penuh serta ketelitian dalam mempelajarinya. Karena pelajaran angka ini dianggap susah, pelajar kadang kesulitan memecahkansoal matematika.

Padahal, soal matematika tidaklah sesulit yang dibayangkan. Apalagi, jika materi yang bersangkutan sudah kita pahami dengan saksama. Soal matematika terdiri atas beberapa macam. Ada soal yang sesuai prosedur dengan langkah pengerjaan sangat sederhana, soal tipuan, dan soal yang tergolong rumit.

Soal-soal yang sesuai prosedur tentu telah sering kita jumpai sehingga dapat dikerjakan dengan sangat mudah. Lantas, bagaimana cara mengerjakan soal matematika yang tergolong rumit? Berikut adalah beberapa tips mudah mengerjakan soal matematika.

1. Pahami Soal

Modal utama untuk mengerjakan soal matematika adalah memahami soal dengan baik. Kita tentu tidak akan mampu mngerjakannya jika soal tersebut belum dipahami. Agar soal rumit dan panjang mudah dipahami, kita harus menyajikannya dengan cara sendiri. Misalnya, menulis ulang soal tersebut dalam bahasa yang kita pahami. Bayangkan saja bahwa itu soal buatan sendiri.

2. Buang Hal yang Tidak Perlu

Jika ada soal yang menyajikan informasi secara berlebihan, kita tinggal membuang beberapa hal yang memang dianggap tidak perlu dan tidak ada hubungannya dengan pertanyaan. Informasi tersebut biasanya sengaja dihadirkan sebagai pengecoh.

3. Menggambar

Menggambar merupakan hal yang sangat penting dilakukan saat mengerjakan soal matematika. Otak kita akan lebih mudah menangkap informasi berupa gambar. Gambar tersebut dapat mempermudah kita dalam mengerjakan soal. Gunakanlah kertas kosong untuk menggambar maupun membuat coretan.

Gambar yang dimaksud tentu saja bukan berarti gambar seutuhnya, melainkan berisi pula angka-angka. Misalnya, kita menuliskan angka-angka pada soal deret hitung. Terlebih, untuk soal geometri, bangun datar, bangun ruang, dan jarak.

4. Menyusun Strategi dan Menerapkannya

Ada beberapa strategi yang bisa kita buat, misalnya cara apa yang akan dipakai untuk mengerjakan soal, apa saja yang mesti dicari sebelum mencari jawaban akhir, serta strategi lain yang dapat mempermudah pekerjaan kita.

5. Cek Ulang Hasil Pekerjaan

Mengecek ulang hasil kerja merupakan langkah terakhir yang wajib dilakukan. Mengapa? Pengecekan sering diabaikan karena merasa sudah benar. Padahal, boleh jadi ada kesalahan penulisan maupun penghitungan. Jika waktu yang disediakan masih panjang, tidak ada salahnya kita melakukan cek ulang karena pekerjaan awal yang dirasa sudah mantap pun belum tentu bebas dari kesalahan.

Itulah beberapa tips untuk memudahkan kita merampungkan soal matematika. Sekadar saran, jangan terburu-buru mengumpulkan hasil pekerjaan. Ketika kita menjadi orang pertama yang mengumpulkan, konsentrasi teman lain akan terganggu dan ingin mengumpulkan secepat mungkin.

Meskipun sebenarnya pekerjaan kita sudah selesai, tunggulah sejenak seraya memeriksa ulang. Jangan mengumpulkan dengan tergesa-gesa. Akan tetapi, tidak dikumpulkan lebih dulu bukan berarti boleh dicontekkan kepada rekan sebangku maupun yang lain karena hal itu sama sekali bukan bantuan, melainkan membodohkan teman.

Ingat, tidak ada soal yang tidak dapat dipecahkan, termasuk soal matematika yang tergolong rumit itu. Namun, hal yang lebih penting untuk mengerjakan semua soal tersebut adalah penguasaan materi yang akan diujikan. Tanpa penguasaan materi, tips ini hanya akan sia-sia.

Terus belajar dan jadilah pelajar berprestasi!

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Selamat membaca :) Semoga terhibur dan bermanfaat

Translate

My Linkedin

Follow My Instagram

Instagram

Popular Post

Followers

Total Pageviews

FahriTS. Diberdayakan oleh Blogger.

Daftar Isi

- Copyright © 2013 Fahri Tri Setio -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -